CARA PROTEKSI KOMPUTER DARI VIRUS TANPA ANTIVIRUS


CARA PROTEKSI KOMPUTER DARI VIRUS TANPA ANTIVIRUS

Antivirus memang sangatlah berguna untuk mengatasi masuknya virus ke dalam komputer. Hanya saja, antivirus ini memang terbilang cukup berat, karena memang harus bekerja sepanjang waktu untuk melakukan scan setiap Anda membuka program atau pun halaman website. Ini tentunya akan membuat resource hardware komputer Anda menjad terkuras sehingga terasa nge-lag.

Untuk Anda yang memang memiliki spesifikasi komputer yang kurang memadai, maka Anda sebaiknya tidak perlu menggunakan antivirus. Tapi, sebagai ganti antivirus tersebut, maka Anda bisa mencoba cara berikut ini.
Cara mencegah masuknya virus tanpa antivirus di komputer
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka halaman program “Command Prompt” dengan cara mencari pada kolom pencarian di menu start. Setelah icon CMD tersebut sudah muncul, silahkan Anda klik kanan lalu memilih pada opsi “Run as Administrator”.



Setalah halaman Command Prompt (CMD) tersebut sudah terbuka, silahkan Anda ketikkan perintah “DiskPart”, kemudian tekan pada tombol enter di keyboard Anda. Nanti akan terbuka jendela command baru yang tentunya berbeda dengan CMD tersebut.


Jika jendela Diskpart ini sudah terbuka, silahkan Anda ketikkan lagi perintah “List Volume”, lalu tekan tombol enter. Perintah tersebut nantinya akan menampilkan list dari drive penyimpanan atau hardisk di dalam komputer Anda.


Setelah setiap drive hardisk Anda tampil, maka silahkan Anda pilih list volume hardisk yang ingin Anda proteksi atau lindungi dari virus tersebut. Sebagai contoh pada gambar ini, di sini kita memilih pada drive D yang berada pada kolom letter (ltr), maka silahkan ketikkan perintah “Select Volume 3”, kemudian tekan tombol enter pada keyboard Anda. Ini berarti Anda sudah masuk di dalam driver data D Anda. Selanjutnya Anda, cukup mengetikkan lagi perintah “Attribute Volume Set ReadOnly” (tanpa ada tanda petik), lalu tekan lagi tombol enter pada keyboard Anda.



Nah, dengan cara ini maka setiap drive di dalam komputer Anda pasti akan terlindungi dari infeksi virus yang masuk. Komputer Anda pun akan lebih ringan berjalan, tanpa harus menggunakan antivirus tambahan yang memang akan membuat komputer Anda kadang menjadi melambat. Akan tetapi, dengan menggunakan cara ini, maka Anda tidak bisa lagi memasukkan data di dalam hardisk atau drive Anda tersebut. Makanya cara ini dianggap paling efektif untuk mencegah masuknya virus di dalam komputer Anda.

Untuk mengembalikan partisi atau drive pada hardisk Anda agar bisa kembali diisi atau diupdate data, maka Anda cukup masuk kembali ke dalam jendela Diskpart dengan melalui langkah pertama hingga ketiga di atas. Setelah Anda sudah memilih volume disk, maka silahkan Anda masukkan perintah “attributes disk clear readonly”. Maka, partisi yang tadinya di proteksi akan terbuka dan bisa kembali diisi dengan data baru.

Selamat mencoba.
CARA PROTEKSI KOMPUTER DARI VIRUS TANPA ANTIVIRUS CARA PROTEKSI KOMPUTER DARI VIRUS TANPA ANTIVIRUS Reviewed by chamimdj on September 20, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.