4 TIPE CPU YANG COCOK UNTUK MERAKIT PC GAMING


4 TIPE CPU YANG COCOK UNTUK MERAKIT PC GAMING

Masih banyak yang belum bisa mengerti antara CPU dan juga processor. Ada yang menganggap kalau CPU itu adala keseluruhan unit dari komputer secara lengkap, dan processor itu adalah inti dari komputer. Padahaln antara CPU dan juga processor itu sebenarnya tidak ada perbedaan sama sekali alias hardware yang yang sama.

Berbicara mengenai CPU, maka tentunya pembahasan kita akan merujuk pada kinerja dari komputer itu sendiri. CPU adalah hardware yang paling berpengaruh untuk menangani kinerja dari sebuah PC atau komputer. Pasalnya, setiap pemrosesan data yang diinput pasti akan melalui processor (CPU), sebelum kemudian ditampilkan pada layar dengan bantuan software atau sistem operasi.

Kalau mengenai performa atau kecepatan sebuah processor, maka para pengguna PC atau laptop pasti cenderung mengarah ke gaming. Banyak gamer yang masih kebingungan dalam menentukan hardware PC gaming khususnya pada bagian processor ini. Padahal hanya ada dua brand CPU ternama yang umum digunakan dalam merakit PC gaming, yaitu Intel dan AMD. Tapi, kalau memang Anda tidak mengetahui mana yang cocok atau memiliki performa terbaik, maka dari itu, di bawah ini Saya akan memberikan informasi seputar processor yang cocok untuk Anda gunakan pada PC gaming rakitan Anda.
1. AMD Ryzen 7 1700



AMD yang merupakan pesaing dari Intel sejak dari dulu ini memang bisa dikatakan cukup hebat juga. Processor terbaru yang dikeluarkan oleh AMD yang bertipe AMD Ryzen 7 1700 ini adalah salah satu processor terbaru dan terbaiknya saat ini. Processor ini bahkan sudah dilengkapi dengan 8 core, yang kecepatannya itu bisa mencapai angka 3,7 GHz. Processor AMD Ryzen 7 1700 ini juga sudah mendapat dukungan 2 chanel memori DDR4, serta 16 thread yang merupakan jalur dari pengolah data di CPU. Kalau dibandingkan dengan processor Intel tipe Core i7 7700K terbaru, maka AMD Ryzen 7 1700 ini masih unggul dari segi pengujian Multi-Corenya.

Kenapa Saya memilih membandingkannay dengan Core i7 7700K miliki Intel, karena ini sama-sama processor generasi terbaru, serta harga yang hampir setara. AMD Ryzen 7 1700 ini dijual dengan kisaran harga sekitar RP. 4,5 jutaan. Processor ini pun sudah mampu menangani resolusi dari monitor hingga 1080P dan juga 4K. Untuk daya listrik (TDP) yang digunakan pada processor ini pun hanya 65 watt saja, jadi bisa dikatakan lebih irit listrik. #KentjengParah
2. AMD Ryzen 5 1600X



Masih dari jajaran AMD, ada tipe lain yang bisa dikatakan sebagai adik dari Ryzen 7 1700 di atas, dengan tipe AMD Ryzen 5 1600X. Untuk spesifikasi dari AMD Ryzen 6 1600X ini sendiri memiliki 6 core, yang kecepatannya itu mencapai 4GHz. Dukungan terhadap memori DDR4 Dual Channel juga sudah ada, serta jumlah thread yang mencapao 12 thread. Untuk game-game dengan resolusi hingga 1080P dan layar 4K, maka processor ini tentunya masih sanggup dan lancar. Harganya pun terbilang cukup murah dengan spesifikasi demikian, yaitu hanya berada pada kisaran Rp. 3,9 jutaan saja. Akan tetapi, processor ini memiliki daya listrik (TDP) yang sedikit lebih besar dari Ryzen 7 di atas yaitu 95 watt.
3. Intel Core i7 6850K



Beralih ke brand saingannya yaitu Intel. Di sini processor yang Saya rekomendasikan untuk kebutuhan PC gaming Anda adalah tipe Intel Core i7 6850K. Kenapa bukan yang dari Kabylake 7700K? Kalau masalah generasi sendiri, memang processor ini kalah, tapi kalau masalah spesifikasi maka processor Intel Core i7 6850K ini masih lebih unggul. Processor ini memiliki jumlah core sebanyak 6 core seperti Ryzen 5 di atas. Kecepatannya setiap corenya itu sebesar 3,8GHz, serta memiliki dukungan 4Channel memori dengan tipe DDR4 dan juga 12 thread.

Hanya saja. untuk masalah harga memang sangatlah miris dibandingkan dengan AMD Ryzen 5 atau 7 di atas. Harga untuk processor Intel Core i7 6850K ini berada pada kisaran Rp. 7,3 jutaan. Selain itu, processor ini juga mengharuskan Anda untuk menggunakan socket 2011 V3, yang bisa dikatakan adalah motherboard kelas dewa, dengan dukungan 8 slot RAM (4 Channel). Untuk daya listrik (TDP) yang dibutuhkan pun lebih besar yaitu 140 watt. Umumnya para gamer yang menggunakan processor ini juga digunakan untuk kebutuhan rendering atau editing video. Maka dari itu, para Youtuber gaming yang ingin membeli processor yang sudah sepaket untuk main game dan rendering video, Core i7 6850K ini adalah pilihan terbaik.
4. Intel Core i7 7700K



Yang berikutnya ini masih dari Intel juga yang bertipe Core i7 7700K, yang merupakan CPU generasi 7 (Kabylake) terbaru dari Intel. Dari segi spesifikasi sendiri, processor ini memang dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Processor Core i7 770K ini dilengkapi dengan 4 core dengan 8 thread. Kecepatan dari processor ini sendiri mencapai 4,5GHz dengan dukungan 2 channel. Untuk masalah harganya sendiri, masih jauh lebih murah dibandingkan dengan Core i7 6850K. Kisaran harga untuk processor Core i7 7700K ini berada pada angka Rp. 4,2 jutaan saja.

Jumlah daya listrik yang dibutuhkan oleh processor ini pun hanya 91 watt. Dan, menurut Saya ini adalah processor yang bisa Anda pertimbangkan untuk keperluan gaming kelas high end dengan budget yang tidak terlalu besar.

Nah, itulah 4 tipe CPU yang bisa Anda pertimbangkan untuk keperluan merakit PC gaming Anda. Setiap processor tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan, itu semua tergantung dari keperluan atau penggunaan dari PC gaming itu nantinya. Misalnya saja untuk AMD yang memang jauh lebih unggul masalah Core, thread, dan harga. Sedangkan untuk Intel unggul pada masalah daya tahan dan juga channel memory.
4 TIPE CPU YANG COCOK UNTUK MERAKIT PC GAMING 4 TIPE CPU YANG COCOK UNTUK MERAKIT PC GAMING Reviewed by chamimdj on September 20, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.