APACER ARMOR SSD 480GB

APACER ARMOR SSD 480GB


Storage SSD untuk saat ini yang banyak beredar sedikit berbeda dengan unit 1-2 tahun lalu. Perbedaan terletak pada teknologi pengalamatan Tri-Level Cell (TLC) pada chip memory dibanding dengan unit terdahulu yang masih menerapkan Multi- Level Cell (MLC). Apacer ARMOR yang datang kali ini adalah salah satu SSD basis TLC NAND. Apacer ARMOR ini berkapasitas 480 GB menggunakan kode penamaan AS681 dengan harga kisaran Rp 1.600.000. Dengan teknologi TLC NAND, kapasitas 480 GB mudah dicapai, bahkan ARMOR tersedia sampai 960 GB.

ARMOR AS681 dibungkus dalam kemasan yang praktis dan tidak ditemukan bracket adapter 3.5 inci. Enclosure fisik menggunakan aluminium yang kuat dan ringan. Ukurannya tidak berbeda dengan unit SSD berkapasitas lebih rendah lainnya. Jika mengacu pada teknologi TLC itu sendiri, satu chip memory flash NAND mampu menampung data lebih besar dibanding MLC ataupun SLC. Selanjutnya adalah performa, dari artikel yang pernah kita ulas, kendala TLC NAND ada pada jeda waktu beralihnya akses, atau latency. Untuk mengatasinya biasanya dibantu dengan DRAM cache yang berkecepatan tinggi. Tentu saja kepintaran chip controller sangat menentukan, dan seharusnya vendor selalu melakukan update firmware. Interface SATA III 6Gbps masih menjadi acuan, meski saat ini SSD jenis M.2 sudah beralih ke interface PCI-E 3.0 x4.

Pengujian sintetis menggunakan s o f t w a r e p e m b a c a a n p e r f o r m a sekuensial. Diantaranya adalah AS SSD yang mendapatkan angka sekuensial baca/tulis 373.7 MB/s dan 389.2 MB/s. Performa penulisan sedikit lebih tinggi dibanding dengan pembacaan. Kami juga mendapatkan hasil yang hampir sama dengan CrystalDiskMark. Bila dibandingkan dengan beberapa SSD yang pernah kami ulas, kecepatan kategori diatas rata-rata akan mendapatkan score baca/tulis diatas 500 MB/s. Namun dengan kapasitas yang sama akan dibanderol dengan harga relatif lebih mahal. SSD dengan teknologi TLC NAND flash juga beberapa pernah kami uji mendapatkan angka yang relatif lebih tinggi, meski kapasitas baru 120GB saja.

SSD dengan kapasitas 480 GB dan diatasnya biasanya digunakan para user dengan workload tinggi melibatkan akses data yang besar, seperti desain grafis dan video. Apacer ARMOR salah satu yang bisa digunakan karena menawarkan harga yang lebih murah dibanding pesaing lainnya.
APACER ARMOR SSD 480GB APACER ARMOR SSD 480GB Reviewed by chamimdj on September 19, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.