4 MASALAH LAPTOP YANG SERING SEKALI TERJADI


4 MASALAH LAPTOP YANG SERING SEKALI TERJADI

Para pengguna laptop tentunya lebih banyak mengeluh mengenai permasalahan pada laptopnya. Walaupun itu adalah laptop dengan merek terkenal, belum tentu laptop tersebut memiliki daya tahan yang cukup bagus. Nah, membahas mengenai permasalah pada laptop, maka di bawah ini Saya akan memberikan informasi mengenai 4 permasalahan umum yang sering ditemui pada laptop.
1. Terlalu panas


Perangkat pendingin yang digunakan pada laptop itu tidak seperti pada PC yang bisa dikostumisasi dengan sesuka hati. Perangkat pendingin pada laptop ini hanya sebuah fan kecil yang biasanya digunakan pendingin processor, GPU, dan chipset-chipset lainnya. Heatsink yang terpasang di dalamnya inilah yang berfungsi untuk mengalirkan suhu dingin ke semua chispet tersebut dari sebuah fan. Inilah yang membuat laptop sering mengalami panas yang berlebih atau disebut sebagai overheat. Kalau sudah seperti ini, performa dari laptop biasanya akan mulai menurun, lebih sering lag bahkan sampai restart sendiri.

Untuk solusinya sendiri, Anda cukup sering-sering membersihkan debu atau ventilasi udara dari laptop Anda. Jangan bermain laptop di atas permukaan yang empuk seperti kasur atau sofa. Gunakan kipas eksternal untuk membantu mendinginkan suhu laptop jika memang harus digunakan untuk bermain game atau mengedit video.
2. Performa hardisk yang menurun


Selain dari kondisi panas tersebut, hardisk pada laptop juga termasuk salah satu hal yang cukup rentan mengalami gangguan. Hardisk merupakan media penyimpanan yang bersifat mekanik, karena di dalamnya itu memang terdapat berbagai macam perangkat yang bergerak, yang mana jika terjadi benturan akan mudah untuk bergoyang. Tapi, kalau Anda sudah menggunakan flash memori atau SSD, maka Anda tidak perlu ragu mengalami hal tersebut.

Hal yang harus Anda lakukan untuk bisa tetap menjaga performa hardisk laptop Anda adalah dengan berhati-hati jangan sampai terjatuh atau terbentur, jangan matikan tiba-tiba laptop saat sedang bekerja, kalau memang ada slot SSD atau flash memory sebaiknya Anda gunakan media penyimpanan tipe tersebut.
3. Baterai yang cepat habis


Permasalahan umum yang banyak ditemui saat menggunakan laptop itu adalah baterai. Baterai memang memiliki daya tahan masing-masing. Jadi, kalau sudah melewati batas ketahanannya tersebut, maka baterai pada laptop itu pastinya akan mulai berkurang performanya.

Untuk itu, hal yang harus Anda lakukan agar bisa tetap menjaga performa dari baterai laptop Anda adalah jangan membiarkan baterai laptop hingga 0% baru dicharge, perhatikan adapter charge jangan sampai ada yang rusak, dan kalau memang sudah sangat drop maka sebaiknya ganti dengan yang baru saja.
4. Mati dengan sendirinya


Kalau terjadi seperti ini, kemungkinan juga Anda memasangkan timer pada laptop Anda. Tapi, kalau tidak ada timer maka ini bisa jadi masalah panas yang berlebih seperti yang telah Saya jelaskan pada poin pertama di atas. Kalau memang matinya karena kepanasan dan masih bisa menyala kembali, maka Anda cukup mengikuti solusi pada poin pertama di atas.

Tapi, kalau sudah mati total atau tidak bisa menyala lagi, maka yang bisa Anda lakukan itu adalah dengan membawanya ke teknisi laptop atau melakukan pengecekan pada baterai serta adapter chargernya. Kalau sudah terlalu parah maka kemungkinan Anda harus melakukan penggantian motherboard.
4 MASALAH LAPTOP YANG SERING SEKALI TERJADI  4 MASALAH LAPTOP YANG SERING SEKALI TERJADI Reviewed by chamimdj on September 20, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.