BISAKAH KOMPUTER BEKERJA TANPA RAM? INI JAWABANNYA!


BISAKAH KOMPUTER BEKERJA TANPA RAM? INI JAWABANNYA!

Komputer seperti PC, laptop, dan gadget (smartphone, tablet, pad, dan smartwatch) sepertinya, kini sudah menjadi perangkat kebutuhan primer yang sudah tidak bisa dilepas dari keseharian kita. Tidak hanya untuk kebutuhan pribadi untuk online, tapi komputer saat ini sudah menjadi sebuah perangkat yang kompleks. Sehingga, setiap hal yang kita butuhkan sudah sangat bergantung dengan komputer ini. Misalnya saja Anda ingin melakukan transaksi keuangan (transfer dan cek rekening), pembelian, bermain game, komunikasi dan lain sebagainya.

Namun, komputer itu tentunya tidak jadi begitu saja. Di dalam komputer terdapat banyak sekali perangkat yang memiliki bagian penting masing-masing untuk menjalankan komputer. Beberapa bagian penting yang bisa dikatakan sebagai satu kesatuan komputer itu adalah Motherboard, CPU (processor), RAM, Power Supply, Keyboard/mouse dan Monitor. Adapun perangkat atau periperal lainnya seperti VGA, hardisk, casing, dan speaker, itu hanya opsional saja. Walaupun memang cukup dibutuhkan, tapi untuk menyalakan sebuah komputer perangkat opsional tersebut tidaklah terlalu dibutuhkan juga.

Nah, bagaimana kalau salah satu perangkat penting tersebut tidak terpasang di komputer, seperti contohnya RAM? Pertanyaan ini sering sekali Saya dapatkan saat seseorang ingin merakit atau membeli komputer custom.
Bisakah komputer menyala tanpa RAM?


Jawabannya itu adalah tidak bisa (untuk komputer jaman sekarang). Kalau memang Anda bertanya mengenai hal tersebut, itu berarti Anda masih terlalu awam dalam dunia komputer ini. Dalam hal ini, Anda mungkin saja belum mengetahui bagaimana cara kerja dari komputer itu sendiri. RAM ini merupakan sebuah hardware yang berfungsi sebagai memori sementara di komputer. Setiap hal yang ingin diproses atau telah diproses oleh CPU tersebut akan tersimpan sementara (antri) di dalam RAM tersebut. Jika CPU sudah memberikan perintah untuk eksekusi, maka RAM ini baru akan bekerja melepas semua proses yang disimpannya tersebut.

Analogi simpel dari cara kerja RAM ini adalah seperti fungsi ban pada mobil atau motor. Kira-kira bisakah mobil atau motor ini berjalan tanpa bannya? Kalau pun itu bisa, maka kemungkinan itu adalah sebuah ekperimen atau sudah pengembangan teknologi lagi. Hal tersebut pun berlaku pada perangkat komputer.
Bagaimana kalau memang komputer bisa bekerja tanpa RAM?



Jaman sekarang ini, semua perangkat komputer mulai dari PC, laptop, dan juga gadget pasti memiliki RAM tersebut. Walaupun memang bentuk-bentuk RAM pada masing-masing perangkat itu berbeda-beda. Dulu, IBM pernah menciptakan komputer yang diberi nama Drum Computer dengan tipe IBM 650. Komputer tersebut memang tidak bekerja dengan menggunakan RAM, tapi menggunakan drum magnetik untuk memori kerjanya. Hanya saja, perangkat komputer tersebut sangatlah lambat jika kita bandingkan dengan komputer yang memiliki RAM. Sehingga perangkat komputer ini pun sudah tidak dibutuhkan lagi di jaman sekarang ini.
Kesimpulan

Berdasarkan informasi yang telah Saya jelaskan di atas, pasti Anda telah mendapatkan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan RAM pada komputer ini kan? Semoga ini bisa menjadi tambahan edukasi untuk Anda dalam mempelajari komputer itu seperti apa.
BISAKAH KOMPUTER BEKERJA TANPA RAM? INI JAWABANNYA! BISAKAH KOMPUTER BEKERJA TANPA RAM? INI JAWABANNYA! Reviewed by chamimdj on September 20, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.