Pengguna PC Lebih Emosional dari Pemakai Ponsel


Pengguna PC Lebih Emosional dari Pemakai Ponsel



Berapa Lama Mata Boleh Memandang Layar Komputer?

 Sebuah studi terbaru mengungkap perilaku dari pengguna perangkat elektronik, seperti ponsel dan PC.

Menariknya, studi menunjukkan hasil yang cukup kontras antara keduanya. Pengaruh dari masing-masing perangkat, ditengarai menjadi pemicu cara berpikir penggunanya.

Dilansir Ubergizmo via Engadget, Minggu (28/5/2017), studi yang dipublikasikan di jurnal Computers in Human Behavior ini melaporkan bahwa pengguna PC cenderung lebih peka dengan perasaan.

"Saat membuat keputusan, mereka cenderung lebih mengandalkan emosi yang intuitif," tulis paparan hasil studi tersebut.

Sementara, pengguna ponsel justru lebih menggunakan logika ketimbang perasaan saat membuat sebuah keputusan.

"Mereka (pengguna ponsel) langsung berpikir instan tanpa harus memperhatikan apa yang dirasakan saat itu juga," begitu isi lanjutannya.

Pengguna ponsel lebih mengandalkan logika disebabkan oleh cara penyajian informasi via internet yang justru lebih menunjukkan satu informasi spesifik, sedangkan PC memperlihatkan beberapa informasi yang beragam.

"Apa yang kami temukan di studi ini adalah pengguna ponsel itu memang sering disuguhkan dengan informasi yang lebih mengerucut, mereka cerna informasi tersebut dalam satu waktu. Mereka biasanya dihadapkan dengan masalah moral klasik, jadi mereka tidak mengandalkan perasaan sama sekali," kata Albert Barque-Duran, pimpinan studi.

Namun, studi tersebut ia tekankan tidak bersifat akurat secara menyeluruh. Pengguna ponsel dan PC yang dimaksud adalah pengguna yang sering memakai masing-masing perangkat dalam skala waktu rutin.

"Jika ada pengguna yang sering memakai ponsel dan PC dalam waktu rutin bersamaan, bisa jadi cara berpikir mereka bisa digabung dan jadi kompleks," pungkasnya.
Pengguna PC Lebih Emosional dari Pemakai Ponsel Pengguna PC Lebih Emosional dari Pemakai Ponsel Reviewed by chamimdj on September 19, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.